Jumat, 29 Maret 2019

Soal Laporan Pengamatan Dan Percakapan B.Indonesia Kelas 6 Semester 1

Soal Laporan Pengamatan Dan Percakapan B.Indonesia Kelas 6 Semester 1
Alhamdulillah pada kesempatan ini kami bisa berbagi soal B.Indonesia Kelas 6 semester 1. Soal kali berkaitan erat dengan materi pengamatan dan percakapan. diharapakan soal ini bisa memberikan manfaat untuk para siswa orang tua dan para guru.

soal ulangan harian kelas 6 semester 1

A. Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. 1 Para 2 atlit berkumpul di 3 pusat 4 pelatihan Ragunan.
    Kata yang tidak baku dalam kalimat tersebut adalah….
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

2. Metoda yang tepat untuk menangani masalah itu ada dalam buku yang saya baca tadi.
    Kata yang tidak baku dalam kalimat di atas adalah….
    a. metoda
    b. menangani
    c. masalah itu
    d. saya baca

3. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku adalah….
    a. Ekspor nonmigas negara Indonesia mengalami peningkatan.
    b. Hari ulang tahunku jatuh pada bulan Pebruari.
    c. Sepatu produksi luar negeri itu berkualitas tinggi.
    d. Aktivitas gunung berapi di Jawa Barat meningkat.

4. (Kalimat berikut yang menggunakan kata umum dan kata khusus adalah….
    a. Burung berkicau di atas pohon, sedangkan ayam berkokok di dalam kandangnya.
    b. Melati, mawar, dan anggrek bermekaran menambah keasrian halaman rumah.
    c. Baju hijau, merah, kuning, biru, dan lainnya dikenakan pengunjung pasar malam ini.
    d. Ia tidak hanya sekedar melihat saja, tetapi melotot dan menakutkan karena marahnya.

Bacalah laporan hasil kunjungan di bawah ini!
Laporan Hasil Pengamatan
Bengkel Sepeda Motor
“Lancar Jaya” di Tangerang,
Jawa Barat

1. Hari/ tanggal pengamatan : Sabtu, 18 Maret 2007
2. Lokasi pengamatan : Bengkel sepeda motor “Lancar Jaya”, Jalan Sultan Agung 134, Tangerang
3. Pengamat : Dimas
4. Hasil Pengamatan :
Di pinggiran kota Tangerang, Paman Karyo memiliki bengkel sepeda motor, bengkel tersebut terletak di Jalan Sultan Agung 134, kurang lebih 5 km dari kota tangerang. Paman Karyo menamakannya “Lancar Jaya”.
Di bengkel tersebut, Paman Karo memperkerjakan lima orang montir. Mereka memiliki keahlian yang berbeda-beda.Beda yang ahli mesin, ahli menyetel roda, dan ahli memasang ban.Pekerjaan Paman Karyo hanya mengawasi montirnya. Akan tetapi, terkadang ia memberikan pengarahan.
Kegiatan di bengkel Paman Karyo sangat sibuk.Beberapa orang tampak antre untuk memperbaiki sepeda motornya.Para montir melayani pelanggan dengan ramah dan cekatan.Hal inilah yang menjadi daya tarik para pelanggan.Semakin hari, pelanggan semakin bertambah banyak.Pelanggan merasa puas melihat hasil pekerjaan montir-montir yang berpengalaman dan terdidik itu.
Selain ingin memperbaiki kendaraan, ada juga orang yang datang untuk membeli onderdil kendaraan.
Begitulah keadaan di bengkel sepeda motor “Lancar Jaya” yang saya amati.

5. Dimas melakukan kunjungan ke….
    a. Bengkel sepeda motor “Lancar Jaya”
    b. Jalan Sultan Agung 134, Tangerang
    c. Rumah Paman Karyo
    d. Sebuah bengkel sepeda motor di Tangerang.

6. Pokok-pokok isi “Laporan Hasil Pengamatan Bengkel Sepeda Motor “Lancar Jaya” adalah…
    a. Bengkelnya bernama “Lancar Jaya”. Letaknya di Jalan Sultan Agung 134, Tangerang. 
        Pemiliknya Paman Karyo.
    b. Bengkel terletak di Kota Tangerang. Pekerjanya lima orang. Pelanggan dilayani dengan  ramah
        dan cekatan. Selain memperbaiki motor ada juga yang datang membeli onderdil.
    c. Paman Karyo mempekerjakan lima montir. Satu ahli mesin, sati ahli setel roda, satu ahli     
        memasang ban. Pekerja yang lainmembantu para ahli tersebut. Paman Karyo mengawasi
        mereka.
    d. Pelanggan semakin bertambah banyak. Mereka puas dengan pelayanan yang diberikan bengkel
        “Lancar Jaya”. Pelanggan yang datang untuk membeli onderdil juga banyak.

7. Urutan penyajian laporan hasil kunjungan ke bengkel Sepeda Motor Lancar Jaya adalah sebagai          berikut…
    a. Waktu kunjungan, tempat, pengamat, dan hasil pengamatan.
    b. Hari dan tanggal, hasil pengamatan, dan laporan hasil pengamatan.
    c. Hari/ tanggal, lokasi, hasil pengamatan, dan penutup.
    d. Hari/ tanggal, pembukaan, isi, dan penutup.

8. Bacalah laporan pengamatan berikut!

SD Salman Tasik melakukan kunjungan ke Museum Sri Baduga Maharaja di Bandung.Kunjungan dilakukan pada tanggal 19 April 2009. Di dalam museum terdapat . . . . Kunjungan ini dilakukan untuk lebih mengenal berbagai jenis naskah kuno yang ditulis dengan berbagai aksara dan bahasa daerah di tanah air.

    Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan pengamatan tersebut adalah….
    a. terdapat naskah Sajarah Sukapura, Wawacan Sumpena, Wawacan Paras Nabi.
    b. terdapat kujang Jawa Barat, keris Jawa Tengah, patung pahlawan.
    c. terdapat lukisan zaman perang hingga lukisan masa kini.
    d. Terdapat berbagai jenis pakaian adat.

9. Bacalah laporan berikut dengan saksama!

LAPORAN HASIL PENGAMATAN PERTUMBUHAN BIJI CABAI

Objek pengamatan : biji cabai
Waktu pengamatan  : 2 Mei s.d. 2 Juni 2009
Tempat pengamatan : SD Salman
Hasil :
- Pada hari ketiga muncul tunas.
- Pada hari kesepuluh tunas mencapai tinggi 1,5 cm.
- Pada hari keduapuluh tunas mencapai tinggi 3 cm.

    Topik yang tepat untuk laporan pengamatan tersebut adalah….
    a. Pengamatan yang dilakukan SD Salman
    b. Pertumbuhan biji cabai dari hari ke hari semakin bertambah
    c. Hasil pengamatan pertumbuhan biji cabai
    d. Pengamatan biji cabai selama satu bulan

10. Bacalah laporan berikut dengan saksama!
Siswa kelas VI SD Panyingkiran melakukan pengamatan tentang kebersihan Sungai Ciloseh.Pengamatan dilakukan selama satu minggu.Pengamatan dilakukan mulai tanggal 4-10 Januari 2010.Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kondisi Sungai Ciloseh sangat memprihatinkan.Kondisi sungai sudah tidak sehat akibat warga sering membuang sampah ke Sungai Ciloseh.

    Topik yang tepat untuk laporan pengamatan tersebut adalah….
     a. Sungai yang sehat adalah sungai yang dibiarkan oleh warga sekitarnya
     b. Pengamtan yang dilakukan siswa kelas VI SD panyingkiran
     c. Pengamatan kebersihan Sungai Ciloseh
     d. Aliran Sungai Ciloseh sangat deras

11. Berikut ini penulisan judul laporan yang benar ...
      a. Cara Membuat dan menggunakan Kincir Air
      b. Cara Membuat dan Menggunakan Kincir Air
      c. Cara Membuat Dan menggunakan Kincir Air
      d. Cara membuat dan Menggunakan Kincir air

12. Bacalah laporan pengamatan berikut!
Sekolah Sepak Bola (SSB) Tara Kawon melakukan pertandingan sepak bola melawan SSB Bumi Siliwangi di Stadion Dadaha.Pertandingan dilakukan pada tanggal 20 Desember 2009. SSB Tara Kawon . . . Akhirnya, pertandingan tersebut dimenangkan SSB Tara Kawon dengan skor 2-0.

      Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan pengamatan tersebut adalah….
      a. gagal memanfaatkan setiap peluang yang ada
      b. berhasil menyarangkan dua gol tanpa balas
      c. berhasil menyarangkan tiga gol tanpa balas
      d. gawangnya kemasukan terlebih dahulu

13. Kalimat berikut yang menggunakan istilah bidang pertanian….
      a. Nenek mengunyah daun sirih.
      b. Kakek menyiangi rumput di ladang.
      c. Ibu membeli obat di apotek
      d. Ayah pergi ke Jakarta dengan pesawat.

14. Mananam tanpa tanah disebut….
      a. hidrolik
      b. hidroponik
      c. hidropolik
      d. agroponik

15. Seharian para petani bekerja memeraskeringat.
      Memeras keringat artinya….
      a. bekerja keras
      b. selalu bekerja
      c. selalu berusaha
      d. giat berusaha

16. Hewan berikut yang bukan hama tanaman padi adalah….
      a. tikus
      b. wereng cokelat
      c. keong mas
      d. belut

17. Karena padinya diserang . . . wereng cokelat, Pak Tani beramai-ramai menyemprotnya.
      a. bakteri
      b. virus
      c. hama
      d. penyakit

18. Paman memotong batang singkong.
      Paman menancapkan batang singkong di tanah.
      Kata gabung untuk menggabungkan dua kalimat di atas adalah….
      a. atau
      b. sebab
      c. kemudian
      d. bahkan

19. Menanam singkong mudah, yaitu dengan cara….
      a. okulasi
      b. stek
      c. cangkok
      d. enten

20. Yang bukan cara menanam mangga….
       a. biji
       b. stek
       c. okulasi
       d. cangkok

21. Pak Toni menanam the di….
      a. sawah
      b. perkebunan
      c. huma
      d. ladang

22. Manakah yang bukan kelebihan dari bercocok tanam hidroponik….
      a. kualitas hasil tanaman bagus
      b. bertanam tidak kotor
      c. dapat menanam berbagai tanaman
      d. hasilnya berkurang

23. Manakah tanaman berikut ini yang bukan palawija….
      a. jagung
      b. kobis
      c. ketela
      d. singkong

24. Risa tertarik pada buku menggapai cita-cita karena alasan berikut ini, kecuali….
      a. bahasanya mudah dipahami
      b. halamannya banyak
      c. gambar dapat memperjelas isi
      d. isinya sesuai dengan keperluan

25. Rancangan karangan yang merupakan pengembangan judul atau tema disebut….
      a. paragraf
      b. kerangka karangan
      c. pikiran penjelas
      d. pikiran utama

26. Cara membuat laporan hasil kunjungan adalah…
       a. Judul kunjungan, pembukaan yang berisi pengantar laporan, isi yang menjelaskan hasil   
           kunjungan, dan penutup yang berisi simpulan.
       b. Judul laporan, identitas pelapor, tempat kunjungan, dan hasil kunjungan.
       c. Membuat judul yang sesuai, menuliskan kapan waktunya, di mana tempatnya, siapa yang
           melakukan kunjungan, dan menuliskan hasil kunjungannya secara runtut.
       d. Membuat hari/ tanggal, lokasi pengamatan, pengamat, dan hasil pengamatan.

Bacalah bacaan berikut dengan saksama!
Masyarakat bangsa kita gemar bergotong royong. Bergotong royong artinya bekerja sama. Anggota masyarakat yang satu dengan lainnya hidup saling bekerja sama dan saling membantu. Salah satu usaha kerjasama dalam bidang ekonomi dilakukan melalui koperasi.
Di negara kita, koperasi tumbuh dengan suburnya, baik di kota maupun di desa. Di desa biasanya terdapat KUD (Koperasi Unit Desa).Melalui KUD inilah masyarakat pedesaan membangun perekonomiannya.Pada musim tanam, para petani bisa mendapatkan pinjaman modal dari KUD. Pinjaman tersebut dapat berupa uang, bibit unggul, pupuk, insektisida,dan alat-alat pertanian.
Petani yang meminjam modal dari KUD dapat mengembalikan pinjamannya apabila musim panen tiba.Sebagian hasil panennya dibayarkan kepada KUD.Yang berhak menjadi anggota KUD adalah masyarakat tani di mana saja berada.

Soal nomor 27-31 berkaitan dengan bacaan di atas!

27. Kegemaran masyarakat Indonesia adalah….
      a. beramah tamah
      b. bercocok tanam
      c. bergotong royong
      d. membangun KUD

28. Gotong royong artinya….
      a. saling membantu
      b. bekerja sama
      c. saling menghargai
      d. memberikan pinjaman

29. Di manakah koperasi tumbuh dengan subur?
      a. Di Jawa Barat
      b. Di Indonesia
      c. Di Jakarta
      d. Di Tasikmalaya

30. Masyarakat desa membangun perekonomian melalui….
      a. koperasi
      b. bank
      c. simpan pinjam
      d. KUD

31. Kapan petani mengembalikan pinjaman KUD?
      a. Apabila musim panen tiba
      b. Apabila musim tanam
      c. Setelah mendapatkan keuntungan
      d. Apabila untung

32. Pelukis: “Terima kasih atas apresiasimu.”
      Rudi   : “ . . .”?
      Pelukis: “Untuk yang satu ini cukup lama, satu minggu.”

      Pertanyaan yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah….
      a. Berapa lama Bapak melukis gambar ini?
      b. Kapan Bapak menyelesaikan lukisan ini?
      c. Berapa harga lukisan yang bagus ini?
      d. Bagaimana Bapak menyelesaikan lukisan ini?

33. Riko “Dari mana Fasha?”
      Fasha “Dari toko buku.Kamu dari mana?”

      Kalimat percakapan di atas kurang tanda baca….
      a. titik koma
      b. tanda kutip
      c. titik dua
      d. tanda kurung

34. Sigit : “Mi! Bagaimana pendapatmu dengan semakin seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas?
      Fahmi: “Ya menurut pendapatku penyebabnya . . . “

      Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan di atas adalah….
      a. jalan raya terlalu sempit
      b. tidak tersedianya rambu-rambu lalu lintas
      c. pengguna jalan kurang mematuhi peraturan lalu lintas
      d. jumlah kendaraan semakin banyak

35. Penggunaan tanda titik dua berikutyang benar adalah ....
      a. Ayah berkata: Kamu harus rajinbelajar.
      b. Emi membeli: pensil, penggaris,dan rautan.
      c. Ayah menanam sayur-mayur:bayam, terung, dan wortel.
      d. Alya makan: roti, buah, dan susupagi ini.

36. Perhatikan ilustrasi berikut!
Tin! dan Lia teman sekelas. Hari ini mereka pulang bersama.Dalam perjalanan mereka berbincang-bincang tentang kegiatan hari libur ke pantai.
Teks percakapan yang tepat mereka ucapkan adalah... (UAS 2006)
      a. Tini  :  "Lia, jangan lupa besok ke rumahku."
          Lia   :  "O, ya! Nanti akan datang ke rumahmu!"
          Tini  :  "Ya, saya tunggu!"
      b. Tini  :  "Lia, jadi kita libur bersama?" Lia   :  "Jadi, tapi kita akan pergi ke mana?"
          Tini  :  "Ke pantai saja, biasanya hari libur suka banyak pengunjung.
      c. Tini  :  "Lia jangan lupa ya besok ke pasar!"
          Lia   :  "O,ya tentu tapi bagaimana caranya?"
          Tini  :  "Ya,sendiri saja kita pergi."
          Lia   :  "Boleh asal diberitahukan dulu sama ibu."
      d. Tini  :  "Lia, nanti siang kita ke pantai ya!
          Lia   :  "Boleh.tapi apa keperluanmuT'

37. Mega : "Selamat siang.Bu!"
      Ibu : " O, selamat siang, Nak !"
      Mega : "..."
      Ibu : "Oh, kalau ibu tidak salah, kira-kira dua bulanyang lalu,"
      Mega : "Terima kasih, Bu!"

      Kalimat yang diucapkan Mega dalam percakapantersebut ialah ...
      a. Bagaimana keadaan Tika, Bu?
      b. Dimana rumah Tika, Bu?
      c. Kapan Tika tinggal disini, Bu?
      d. Apa warna rumah Tika, Bu?

38. Ibu ... (meletakkan kopor)“Bawa kopor ini, Mir!”
      Amir ... “Baik, Bu.” (mengangkatkopor dan masuk)

      Tanda titik-titik tersebut seharusnyadiisi dengan tanda baca ....
      a. titik (.)
      b. titik dua (:)
      c. koma (,)
      d. titik koma (;)

39. Ayu : "Des, apakah kamu akan ikut lomba bacapuisi?
      Desi : "Ya, tentu"
      Ayu : "Bagaimana dengan teman-teman yang lain? "
     Desy : Mereka pun akan mengikuti lomba baca puisi.

     Inti dari percakapan Ayu dan Desy adalah ...
     a. latihan perlombaan puisi
     b. membaca deklamasi
     c. latihan kesenian
     d. mengikuti lomba baca puisi

40. Tanda baca yang dipakai untukmengapit petikan langsung yangberasal dari pembicaraan adalah
      tanda ....
      a. koma
      b. titik
      c. titik koma (;)
      d. tanda petik (“ “)

41. Yuda : “.... keadaan kampung halamanmusekarang, Din?”
      Adin : “Sudah aman. Air sudah surut dan kami sudah bisa menjalankan kegiatan sehari-hari lagi.”

      Kata tanya yang tepat untuk melengkapitanya jawab di atas adalah....
      a. Mengapa
      b. Bilamana
      c. Bagaimana
      d. Mengapa

42. Pak Edi : "Apakah kamu tahu gambar ini?"
      Iwan : "Tahu, Pak! Itu gambar badak."
      Pak Edi : "Dan gambar ini tentu kamu sudahmengenalnya."
      Iwan : "Gambar komodo, Pak!" Berasal darimana komodo itu Pak?"
      Pak Edi : "Komodo berasal dari Nusa TenggaraTimur. Oleh karena itu ...

      Percakapan di atas dapat dilengkapi dengan pernyataan...
      a. pulau itu disebut juga hewan Komodo
      b. pulau itu disebut juga asal komodo
      c. pulau itu dinamai juga komodo
      d. pulau itu disebut juga pulau komodo

43. Doni : "Ram, kamu juga diajak oleh ayahku pergipiknik."
      Ramli : …

      Ungkapan gembira yang diucapkan Ramli adalah ...
      a. "Maaf, aku tak bisa!"
      b. "Sayang, aku harus pergi!"
      c. "Hore, asyik dong!"
      d. "Biarin saja!"

44. Penulisan tanda petik yang benar terdapat dalam kalimat….
      a. Ujar Bu Guru, “Besok akan ada tes bahasa Indonesia.”
      b. Ujar “Bu Guru, Besok akan ada tes bahasa Indonesia.”
      c. “Ujar Bu Guru, Besok akan ada tes bahasa Indonesia.”
      d. Ujar Bu Guru, “Besok akan ada tes bahasa Indonesia.’

45. Kalimat berikut yang menggunakan titik dua dengan tepat adalah….
      a. Dari antor ayah membawa: beberapa buku dan sebuah majalah.
      b. Setiap hari kami selalu membersihkan: kamar tidur dan ruang makan.
      c. Kami hanya memiliki dua pilihan: setuju atau tidak.
      d. Di sekolah saya belajar: bahasa Indonesia, matematika, dan kesenian.

 B. Isilah titik pada pernyataan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Tanaman sayur-sayuran di pekarangan disebut warung ….
2. Bertanam tanpa menggunakan media tanah disebut ….
3. Tumbuhan pengganggu tanaman disebut ….
4. Pak Hasan petani kreatif, bercocok tanam dengan cara . . . yaitu menanam kacang tanah di antara
    tanaman jatinya yang masih kecil.
5. Setelahnama pelaku dalam teks dialog diberi tanda ….
6. Hal-hal pokok yang harus diperhatikan dalam menyusun percakapan yaitu............, ............, dan
    penggunaan ejaan dan..............................
7. Kalimat perintah larangan yang sesuai gambar di bawah adalah ….







8. Idan : Selamat siang, Bu!
    Bu Mira : . . ., . . .!
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat sapaan tersebut adalah ….
9. . . ., gara-gara menonton pertandingan sepak bola berdesak-desakkan, kakiku jadi sakit begini!
    Untuk melengkapi kalimat di atas, ucapan yang tepat adalah ….
10. Ayo, kita tolong anak itu
      Tanda baca yang paling tepat digunakan pada kalimat itu adalah….

C. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
1. Sebutkan bagian-bagian dalam laporan hasil pengamatan dan berilahpenjelasannya!
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
2. Sebutkan tiga hama tanaman padi!
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
3. Pak Ali petani yang kreatif, kotoran dari kandang kerbau dan kambingnya tidak dibuang percuma, tetapi dimanfaatkan untuk membuat pupukkandang.

Apakah yang dimaksud istilah bergaris bawah di atas?
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
4. Petani di sini baik. Mereka masih punya lumbung.
Apakah yang dimaksud dengan istilah bergaris bawah di atas?
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
5. Ami dari mana, Rike
Rike dari pasar kamu mau ke mana
Tulislah kalimat di atas menjadi teks dialog!
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
6. Widya: “Nah ngantuk, ya!”
Irene: “Siapa yang tidak ngantuk di tempat senyaman ini?”
Vega: “Halaman di rumahmu banyak pohon-pohonan,Wid!”
Irene: “Ya, kalau kita lihat halamannya tidak luas tetapi tanamannya bisa sebanyak ini.

Tuliskan isi percakapan mereka dalam bentuk narasi!
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
7. Buatlah percakapan dengan temanmu tentang tema yang sedang hangatdibicarakan orang!
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
8. Jani : “Apakah ia sudah menggunakan traktor?”
Inda : “Belum, ia masih menggunakan bajak!”
Jani : “Apakah ini satu-satunya pekerjaannya?”
Inda : “Ya, benar!”
Jani : “Tentunya saja ia seorang petani, bukan?”

Simpulkan isi dari teks percakapan di atas!
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
9. Di bawah ini rangkaian kalimat perintah.
(1) Siapkan kertas dan pensil!
(2) Dengarkan baik-baik ucapan Bu Guru!
(3) Tulslah ucapan Bu Guru dengan huruf tegak bersambung!
(4) Tulislah namamu pada kertas yang telah kamu siapkan!
Urutkan rangkaian kalimat perintah di atas dengan benar! (EBTANAS 2000)
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………
10. Jika kamar tidurmu berantakan, apa yang akan kau lakukan?
Tuliskan langkah-langkah kegiatanmu itu denganmenggunakan kalimat-kalimat yang benar!
……………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………



1 komentar:

Soal Teknologi B.Indonesia Kelas 6 Semester 2

Soal Teknologi B.Indonesia Kelas 6 Semester 2 Bacalah teks berikut dengan saksama! Mengapa Pesawat dapat Terbang Ketika melihat pesawat...